Thursday 18 December 2014

Penyakitnya tuh disini Sharp alexander mati sendiri.


Tv ini power suply regulatornya memakai ic STR 6754,problem yang sering terjadi
pada tv jenis ini dari yang sudah saya
tangani penyakitnya "tuh disini" yakni sering mati sendiri. dengan gejala penyebab ketika tv sebelum mati antara lain:

* tv mati sendiri ketika dioperasikan atau    tv distel dengan level volume keras.
* tv mati sendiri ketika hidup dengan
   brightnes dan contras tinggi.
* tv mati lagi ketika baru distel, dll

Problem-problem tersebut yang sering karena bermasalah pada IC STR nya yang mulai turun karakteristiknya atau bisa jadi disebabkan komponen pendukungnya yang sudah mulai aus pada elconya dan berubahnya nilai pada resistornya.
Maka yang perlu diubek bagian ini dulu setelah beres coba stel tv dulu untuk melihat hasil nya, yang saya alami hanya ubek bagian ini masalah sudah teratasi.

Seperti biasa sebelum memeriksa area ic str hal yang perlu dilakukan adalah membuang muatan pada Elco utama atau yang paling besar untuk teg.300v nya, pada elco pastikan tidak ada sisa muatan. tindakan ini untuk safety baik itu untuk orang yang melakukan perbaikan juga menjaga kerusakan komponen lain jika terjadi short teg.300volt dari sisa muatan yang mungkin masih tersimpan pada elco besar tadi. Lakukan pembuangan muatan dengan baik kalau bisa jangan dishortkan misal dengan obeng, mata solder karena bisa menimbulkan masalah baru. Karena tujuan servise salah satunya mencari masalahnya kalau sudah ketemu yah memperbaikinya.

jika tv awalnya masih bisa hidup tapi sering mati sendiri. Coba periksa dulu kedua elco kecil pada ic str kalau ambil cepatnya ganti saja dengan yang bagus sesuai nilainya. lalu ganti resistor yang ke ground sesuai nilai jangan diperbesar nilainya jika diperkecil malah bisa dengan catatan ic str masih pakai yang lama atau belum diganti baru. Jika str sudah diganti baru penggantian komponen pendukung usahakan dengan nilai yang sama.
cek atau ganti resiator pada pin optocouple untuk jalur feedbacknya.
Sampai sini dulu coba test tv dihidupkan dulu dan amati hasilnya. Cek semua B+ jika B+ normal dan tv belum sembuh maka harus mengganti IC STR.

Seperti tv sharp pada gambar diatas problemnya sering mati sendiri jika tv distel dalam level volume besar atau keras. 
Adapun perbaikan yang telah dilakukan yakni antara lain dengan:
* Penggantian ic STR W6754.
* Ganti 2 elco.
* Ganti resistor yang keground, dan juga    R pada  jalur feedback.

Dengan perbaikan tv sharp ini sudah normal kembali dan tidak mati-mati sendiri lagi.
Alhamdulillah....cepat kelar kerjaanku karena hari ini kerjaan yang lain masih mengantri.

Problem tv sharp sebelumnya pada postingan terdahulu lihat ini.



5 comments:

  1. Saya pemula letak str dan elko.resistor keground dimana

    ReplyDelete
  2. ...letak pada power suply , pd body ada codenya kok...cari dan lihat codenya pasti ketemu...R feed back pada pin optocouole berbentuk kecil segi empat warna hitam bs jg warna cream .....semoga membantu.

    ReplyDelete
  3. tv saia sharp alex jg, kendala di pencet power nya, gak mau nyala, awal nya tv mati sendiri,.kira kira gimn solusinya mas. Dan saya mau tanya mas,. jalur feedback itu jalur yg dari kaki fbt atau dimna letak nya.. Mohon kasih tau.. Atau kirim email ke kakanksanjaya@gmail.com

    ReplyDelete
  4. resolder pada area yang retak2 aja dulu kl blm sembuh, perlu dicurigai ic STR nya yg problem, gnt jg elco pd titik B+ 5v terutama yang ke ic program...smg membantu.

    ReplyDelete
  5. makasih gan infonya :)


    Klik Sekarang www.serbabayar.com Nikmati Kemudahan Melakukan Pembayaran Listrik , BPJS secara Online Menggunakan Kartu Kredit. Mudah , Cepat Prosesnya. Yuk, Klik sekarang www.serbabayar.com

    ReplyDelete