Friday 15 January 2016

Tv LG slim mati led kedip-kedip.


Tv model seperti tampak pada gambar diatas, tv ini mempunyai problem sebagai berikut;

PROBLEM AWAL:
(1).Jika dihidupkan layar sekilas terlihat hidup pada pinggir-pinggir layarnya mak lap! , tapi layar masih gelap-gelap saja lalu mati kestandby lagi.
(2).Jika dibiarkan beberapa detik lamanya led indicator pada panel depan akan kedip-kedip.
(3).Tv protek!.

PENELUSURAN PROBLEM:
Penelusuran sementara berdasarkan problem yang timbul dahulu, yakni memastian penyebab proteknya tv ini.
trik yang penulis gunakan disini untuk memastikan problem sebenarnya yang terjadi dan untuk menghindari salah dianogsa maka langkah yang perlu dilakukan ialah dengan memanasi heater terlebih dahulu, hal ini dilakukan (jika ingin melihat tampilan sebenarnya pada layar) maka dengan memberi teg eksternal sesuai kebutuhan misal 4-6v ac/dc supaya heater panas atau nyala, jika heater sudah nyala coba tes tv seperti awal tadi maka akan terlihat tampilan problem pada layar walau sekejap.
Pada tv yang sedang ditangani diatas terlihatlah tampilan garis mendatar pada layar...nah! ketahuankan sekarang? ..ternyata tv ini problemnya adalah protek vertikal.

Setelah diketahui penyebab matinya tv ini karena protek akibat rangkaian vertikalnya bermasalah, maka teg heater eksternalpun dilepas kembali lalu kembalikan rangkaian seperti aslinya kemudian perburuan sibiang tadi difokuskan pada blok vertikalnya.
Persempit dan persempit area perburuan akhirnya tertangkaplah biangnya yakni IC vertikal yang bermasalah atau mengalami kerusakan, dan ada tambahan bonus yakni elco pum up juga kering, diketahui kemudian setelah layar bisa terbuka ada timbul semacam garis buku bagian atas layarnya.

SOLUSI:
Pada problem ini mengganti ic vertikal LA 78141 karena mengalami kerusakan.
setelah penggantian ic tersebut tv pun sudah bisa nyala dan terbuka kembali layarnya, akan tetapi layar bergaris-garis pada bagian atasnya. maka selanjutnya mengganti elco pum up 100uf/25v. dan layar pada tv kembali cling !! lagi.
Tinggal finishing nih.. ukur semua pada titik-titik b+ reg. sudah normal. ceck parameter tidak ada yang berubah, cover belakang tv pun pasang dan tutup kembali. 
Tv siap dioperasikan kembali.


Alhamdulillah....cepat kelar tugas yang ini...kalau rejeki tak akan kemana.

No comments:

Post a Comment